Desember 18, 2009

Maksimalkan Kopling scorpio

Posted in Uncategorized pada 2:27 pm oleh NP jaya

Akselerasi standar Yamaha Scorpio sudah mumpuni. Dari pabriknya, si Kalajengking ini sudah dibekali kapasitas mesin 225 cc. Namun akselerasi masih bisa dimaksimalkan tanpa harus menyentuh bagian ruang bakar atau seputar kepala silinder. “Dengan sedikit sentuhan pada rumah kopling, power Scorpio standar bisa lebih teriak dan menyentak,” jelas Ari Supriyono, mekanik dari bengkel Protehnics di Jl. Rempoa Raya, Ciputat, Tangerang.

Tentu ada beberapa modifikasi yang harus dilakukan. Terutama pada part yang ada di rumah kopling. “Intinya kopling harus mereduksi sekecil mungkin gejala selip putaran mesin,” lanjut Ari lagi.

Langkah pertama yaitu mengganti per kopling standar Yamaha Scorpio. Setelah beberapa kali mencoba berbagai pegas kopling, menurut Ari yang paling cocok yaitu pakai per kopling Honda Tiger. Ini lantaran bahan yang dipakai dan punya diameter lebih besar. selain itu juga, memiliki ulir lebih rapat.2960maksimal-scorpio-boyo2.jpg

Buat pasang per kopling Tiger ini harus ada penyesuaian lebih dulu. Sebab diameter per lebih besar. “Dudukan pegas pada tutup rumah kopling lubangnya harus dibuat lebih lebar. Tiap lubang diameternya di besaran 1,5 mm,” jelas mekanik yang juga punya tim grastrack ini.

Langkah selanjutnya bikin sirkulasi oli pada areal rumah kopling. “Berfungsi agar aliran oli pada rumah kopling merata dan seluruh kampas kopling terlumasi oli. Cara ini juga untuk menghindari kampas kopling mudah hangus ketika mesin berkitir,” lanjut Ari yang spesialis modifikasi trail juga.

Carannya buat lubang tambahan. Yaitu pada kuku rumah kopling menggunakan mata bor diameter cukup 1,5 mm. Sedang pada bagian tutup rumah kopling, juga ikut dilubangi. Tapi, pakai mata bor berukuran lebih kecil pada beberapa lokasi.

Kalau sudah dilubangi, tinggal rakit kembali deh tuh rumah kopling. Sekadar mengingatkan, efek dari penggatian per kopling Honda Tiger bikin kopling akan sedikit lebih keras. Itu lantaran per kopling Tiger memang lebih rapat ketimbang punya Scorpio. “Tapi masih dalam batas normal. Yang pasti, entakan power benar terasa bedanya,” yakin Ari.

Mau coba?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: